Hari Jumat 19 Juni 2009 pukul 16.00 WIB Posyandu "Keji Beling 12" RW 12 Kel Keparakan menerima tim Roadshow Posyandu. Tim Roadshow terdiri dari TP PKK Kelurahan & Kecamatan, Tim dari Dinas Kesehatan Kota Yk serta Tim dari Puskesmas Ngampilan. Roadshow Posyandu utk Kel Keparakan meliputi 13 Posyandu yang dimiliki oleh 13 RW yg ada di kel Keparakan telah mulai dilaksanakan sejak tg 7 Mei 2009 s/d 24 Juni 2009. Untuk Posyandu RW 12 "Keji Beling 12" mendapat jadwal pd hari Jumat 19 Juni 2009. Pada kesempatan kali ini selain kegiatan Posyandu untuk Bayi, Balita & Ibu Hamil juga dilaksanakan kegiatan PAUD dan BKB. Sedangkan Posyandu Lansia RW12 sdh dilaksanakan pd tg 10 Juni 2009 sebagai tampilan Lomba Kelurahan tk Propinsi DIY. Adapun penilaian yang dilaksanakan utk Roadshow Posyandu meliputi:
1. Pelayanan 5 Meja & Alur Pelaksanaan Posyandu
2. Kemampuan, Pengetahuan & Pemahaman Kader Posyandu terhadap Ketugasannya
3. Kelengkapan Administrasi Posyandu, terdiri dari:
a. 5 Buku Register Posyandu
b. 16 Buku Administrasi Bantu Posyandu
c. Program Kegiatan Tambahan yang dimiliki oleh masing2 Posyandu & Administrasinya. Sedangkan Program Tambahan yang telah dimiliki oleh Posyandu "Keji Beling 12" adalah sbb:
(01) Lansia (Posyandu Lansia)
(02) PHBS (Perilaku Hidup Bersihdan Sehat)
(03) Pendataan Kesling (Kesehatan Lingkungan)
(04) PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)
(05) TOGA (Tanaman Obat Keluarga)
(06) Kadarsi (Keluarga Sadar Gisi)
(07) PJB (Pantauan Jentik Berkala)
(08) BKB, BKR & BKL (Bina Keluarga Balita, Remaja & Lansia)
(09) GSI (Gerakan Sayanag Ibu)
(10) Penyuluhan & Pelayanan KB
(11) Dana Sehat (RT-52 dan RT-53)
(12) Koperasi / Simpan Pinjam
Hasil capaian SKDN adalah sbb: S= 24; K= 24; D= 21; N= 11;
D/S= 21/24=87,5%; N/D= 11/21= 53%
Bayi 2T a/n Davina Adisetya RT-51 putri Bp Lulus/Ibu Dwi (dirujuk ke Puskesmas)
Balita 2T a/n Niki Saputra RT-53 putra Bp Supriyadi/Ibu Poniyem (dirujuk ke Puskesmas)
Pada akhir kegiatan dilaksanakan evaluasi oleh tim roadshow. Penilaian untuk Posyandu "Keji Beling 12" adalah sbb:
1. Pelayanan & Alur Pelaksanaan 5 Meja di Posyandu Keji Beling 12 sudah berjalan dgn sangat baik.
2. Kemampuan, Pengetahuan & Pemahaman Kader terhadap ketugasan masing-masing kader di Posyandu sudah sangat baik.
3. Semua administrasi Posyandu baik itu Administrasi Pokok maupun Administrasi Bantu sudah tersedia semuanya dengan lengkap
4. Cara Pengisian semua buku-buku administrasi sudah benar, lengkap, urut tidak ada yang salah. Bahkan sampai hal2 terkecilpun juga ditulis.
5. Rutinitas pengisian semua buku administrasi sudah sangat baik dan sangat teratur.
6. Kader-kadernya sangat lengkap bahkan banyak kader-kader muda yang mau ikut berperan & berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan.
7. Swadaya yang berasal dari masyarakat untuk setiap pos kegiatan juga cukup besar.
8. Program Tambahan yg bisa dilaksanakan juga sudah cukup lengkap beserta dengan semua administrasinya.
9. Supaya bisa ditambah lagi dengan Program UKGMD yg memang belum ada. Mohon kepada pihak dari Puskesmas Mergangsan sebagai pembina untuk bisa membina kader dari Posyandu Keji Beling 12 dan sekaligus melengkapinya dengan administrasi UKGMD
10. Saat pantauan jentik bagi warga yg tandonnya sering + jentik bisa dijadwalkan utk dilakukan kunjungan rumah, supaya bisa diketahui penyebab/kendalanya. Jika mengalami kesulitan bisa menghubungi pengurus RT & RW supaya mau ikut membantu.
Pada akhirnya tim Roadshow berharap agar kegiatan dan administrasi yang memang sudah sangat baik ini mohon untuk bisa dipertahankan, dilanjutkan, ditingkatkan lagi untuk program yang belum ada, jangan patah semangat, terus berjuang & melayani sesama dengan apapun yang mampu kita lakukan. Apresiasi yang tinggi kepada semua Kader RW12!
(oleh Koordinator Posyandu Keji Beling 12, SW Indaryani Dessi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar