Sabtu, 28 Februari 2009

Penilaian Kinerja Lurah

Bertempat di pendopo kantor Kecamatan Mergangsan Yogyakarta, untuk kali pertama Lurah Wirogunan, Keparakan dan Brontokusuman dinilai kinerjanya oleh pengurus harian RW dan LPMK. Hal ini dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Februari 2009 pukul 20.00 WIB, yang dihadiri oleh kurang lebih 100 orang undangan.

Dalam sambutannnya, Drs. Nur Hidayat selaku bapak Camat Mergangsan menyampaikan bahwa unsur penilai tidak hanya dari pengurus harian RW dan LPMK, namun juga dari sesama Lurah, staf masing-masing kantor kelurahan, administrasi dan juga dari unsur kecamatan Mergangsan. Sedangkan menurut Drs. H. Purwanto selaku kabag. Tata Pemerintah Setda Kota Yogyakarta, penilaian kinerja lurah ini pada akhirnya menentukan predikat Lurah Teladan, yang berhak mendapatkan penghargaan di Jakarta bagi lurah terpilih.

Acara yang juga dihadiri ketua RW 12 Keparakan Kidul tersebut berlangsung singkat, tak lebih dari 1 jam. Dalam kuesioner penilaian, aspek-aspek penilaian meliputi :
1. Interaksi lurah dengan masyarakat
2. Kemampuan lurah memotivasi/menggerakkan masyarakat
3. Kemampuan lurah sebagai mediator berbagai permasalahan kemasyarakatan/kewilayahan
4. Peran dan keterlibatan lurah dalam kegiatan kemasyarakatan dan pemberdayaan
5. Daya responsivitas lurah terhadap berbagai permsalahan kewilayahan
6. Bentuk inovasi lurah dalam kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan di wilayah
7. Sikap transparansi lurah dalam pengelolaan dana untuk masyarakat
8. Penegakan aturan

Khusus untuk Lurah Keparakan, menurut beberapa responden dari kelurahan Keparakan, agak sulit untuk memberikan penilaian karena Bpk. Rajwan Taufiq, SIP baru menjabat sekitar enam bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar