Jumat, 02 April 2010

PAUD Mutiara Bunda 12


Kurang lebih 6 tahun yang lalu di wilayah Keparakan Kidul RW 12 Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta yang memiliki sejumlah anak usia 0-6 tahun dengan kondisi ekonomi yang berbeda. Ada sebagian orang tua yang tergolong mampu secara ekonomi dapat menyekolahkan anak mereka di Play Group atau sejenisnya. Namun bagi sebagian warga yang kurang mampu secara ekonomi maupun secara intelektual adalah menjadi pemikiran yang berat dalam memperoleh pendidikan sedini mungkin. Begitu besar kesadaran orang tua untuk mencerdaskan anak mereka sejak usia dini, sebelum anak-anak mereka memasuki pendidikan formal. Di satu sisi mereka ingin menjadikan anak mereka pandai sejak usia dini, di si si lain ada keterbatasan kemampuan intelektual orang tua sehingga orang tua tersebut tidak dapat menerapkan pendidikan secara teoritis. Kesadaran orang tua untuk memperoleh pendidikan yang layak bagi anak-anak mereka sangatlah tinggi.

Permasalahan tersebut terjawab dengan adanya Program Pemerintah di bidang Pendidikan yaitu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau PADU.

Pada tanggal 5-7 Pebruari 2004 dua orang kader mendapat kesempatan mengikuti diklat di Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB ) DIY. Selanjutnya pada tanggal 2 Maret 2004 diadakan sosialisasi tentang PAUD di RW12 Keparakan Kidul, dan mendapat sambutan yang sangat positif dari warga. Akhirnya terbentuklah SPS PAUD BINA MUTIARA BUNDA 12 beserta kepengurusannya.

SPS PAUD BINA MUTIARA BUNDA 12 berada di RW 12, Keparakan Kidul, Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di RT 53 RW 12, di sebuah rumah warga yang secara sukarela menyediakan tempat untuk kegiatan tersebut. Adapun alamat sekretariat di Keparakan Kidul Mg I/1321 RT 51 RW 12, Keparakan Kidul, Yogyakarta 55152, telpon (0274) 379271/08156801167. Dengan adanya SPS PAUD di RW 12 sedikit banyak telah membantu warga untuk mengenal pendidikan usia dini.

Tujuan SPS PAUD BINA MUTIARA BUNDA 12 :
  1. Memberikan kesempatan pendidikan bagi warga anak usia dini.
  2. Merupakan wadah kegiatan pendidikan yang siap menuju jenjang pendidikan selanjutnya.
  3. Mempersiapkan generasi bangsa Indonesia yang lebih baik, sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia.
Sasaran/Peserta Didik SPS PAUD BINA MUTIARA BUNDA 12 adalah semua warga RW 12 yang berusia usia 0-6 tahun.

Pendidik dan Pengelola
Dalam kegiatannya, SPS BINA MUTIARA BUNDA 12 didukung dan dibantu oleh tenaga didik, berasal dari warga sendiri yang berjumlah 2 (dua) orang dan 2 (dua) orang pengelola. Data pendidik dan pengelola sebagai berikut:

No

Nama

Umur


Jabatan

1.

2.

3.

4.

Supriyatin

Puspitasari

Retno Wuri Wuryandari

Anda Darmayanti

34 tahun

34 tahun

49 tahun

46 tahun


Pendidik

Pendidik

Pengelola

Ketua/Pengelola


Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
Kegiatan PAUD IIBINA MUTIARA BUNDA 12 dilaksanakan 3 kali dalam satu bulan, sebagai berikut :
1. Setiap tanggal 20,
2. Hari Jum'at 1 kali dan
3. Hari minggu 1 kali
(hari Jum'at dan Minggu tidak dalam minggu yang sama).

Berkat dukungan warga masyarakat RW 12 Keparakan Kidul, PAUD BINA MUTIARA BUNDA 12 dapat terlaksana setahap demi setahap. Seluruh warga RW menyambut baik kegiatan ini. Warga yang memiliki anak usia 0 - 6 tahun 'gabung dalam kegiatan PAUD kami. Begitu besar perhatian warga terhadap kegiatan ini, hingga dukungan berupa materiil maupun spiritual kami peroleh. Selain bantuan berupa uang, juga bantuan berupa APE ataupun sarana dan sarana yang lain dari warga RW 12. Ada warga yang secara sukarela meminjamkan teras rumahnya untuk kegiatan PAUD RW 12.

Harapan kami, semoga PAUD BINA MUTIARA BUNDA 12 dapat melaksanakan programnya secara berkesinambungan, hingga dapat ditingkatkan menjadi kelompok Bermain.

Kami selaku pengurus PAUD BINA MUTIARA BUNDA 12 sungguh bersyukur dan mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh warga RW 12 yang telah mendukung kegiatan PAUD ini. Semoga amal ibadah bapak/ibu/saudara sekalian mendapatkan pahala dari Allah SWT. Amin.

3 komentar:

  1. Apa betul, paud bina mutiara bunda 12 berjalan sesuai jadwal, setau warga, yg pasti terlaksana rutin 1 bulan sekali setiap tgl 20. mana kepedulian ketua PAUD bina mutiara bunda, yg membuat bingung pendidik dan balita nya.

    BalasHapus
  2. Terimakasih. Semoga untuk waktu yang akan datang, PAUD Mutiara Bunda 12 dapat berjalan lebih baik lagi.

    BalasHapus
  3. Melihat paparan di atas, penulis bukan dari pendidik ataupun pengelola PAUD setempat dikarenakan tulisan tsb di atas tidak sesuai dgn foto terlampir yg tdk mengikutkan anak didik dlm kegiatannya. Dari tulisan tsb di atas juga terkesan rancu dan dipaksakan, ada kemungkinan penulis tdk tahu kegiatan, ini terlihat dgn komentar pertama. Mohon utk pengelola blog ini lebih selektif dlm mengisi arsip. Terima kasih dan semoga blog ini tetap eksis.

    BalasHapus