Selasa, 15 Maret 2011

Berakhir, DBD TAHIJA

Yayasan TAHIJA melalui surat bernomor 509/ADM/DHF-2B/2011 tanggal 4 Maret 2011, perihal Kegiatan Pembersihan Sisa-sisa Penciri Proyek Dengue Yayasan Tahija, menyampaikan informasi sebagai berikut :

KepadaYth.
Bapak/lbu/Sdr. Warga Kota Yogyakarta di Kota Yogyakarta

Dengan hormat,
Yayasan Tahija telah merampungkan Proyek Penelitian dan Percontohan Pengendalian DBD yang telah dilaksanakan di Kota Yogyakarta dalam tiga tahap sejak 2004. Penelitian dilakukan untuk menguji hipotesis bahwa pengendalian DBD dengan teknik Pengendalian Sarang Nyamuk (PSN) secara selektif menggunakan bahan pengendali DBD (IGR - pyriproxyfen Sumilarv) pada bak mandi dan bak air serta sumur akan secara efektif mampu mengendalikan penularan DBD.

Penelitian yang kami laksanakan menunjukkan bahwa teknik PSN Selektif (targeted intervention) secara efektif mampu mengendalikan jentik dan kepompong nyamuk, namun tidak secara nyata berpengaruh pada populasi nyamuk dewasa, sehingga belum secara optimal mampu mengendalikan penularan DBD sebagaimana ditunjukkan oleh survei serologi maupun data kasus DBD. Hasil ini juga berarti bahwa untuk menekan penularan DBD perlu dilakukan upaya pengendalian jentik dan larva sampai ke pengendalian nyamuk dewasa secara terpadu. PSN Selektif perlu dikombinasikann dengan teknik dan pendekatan lain untuk meningkatkan efektivitas pengendalian.


Berkaitan dengan telah berakhirnya kegiatan lapangan Proyek Pengendalian Demam Berdarah Dengue di Yogyakarta, kami merasa perlu untuk melakukan pembersihan sisa-sisa penciri proyek dengue melalui kegiatan pengambilan sisa media/sarana proyek yang masih terpasang di lingkungan rumah Bapak/lbu/Saudara, seperti sachet & tali penggantung Sumilarv di bak mandi & bak air, kartu hijau & plastiknya, stiker pada dinding rumah & pada sumur, serta leaflet yang masih terpasang. Selain itu guna mengantisipasi panjangnya musim penghujan dan agar jentik nyamuk tetap terkendali, kami memberikan paket Sumilarv secara gratis dengan himbauan agar digunakan/dipasang sendiri oleh Bapak/lbu/Saudara. Kegiatan ini akan kami laksanakan dengan bantuan para mantan Pemantau DBD dan mantan Field Supervisors Proyek DBD Yayasan Tahija di semua wilayah kelurahan selama bulan Maret 2011.

Yayasan Tahija sangat berterima kasih atas peran serta dan dukungan masyarakat dan seluruh perangkat Pemerintahan di Kota Yogyakarta yang telah memungkinkan penelitian dan proyek percontohan ini dilaksanakan.

Demikian penyampaian kami. Atas perhatian, kerjasama, dan perkenan Bapak/lbu/Sdr, kami mengucapkan terima kasih.
Hormat kami : Ir. Sukma Tin Aprillya, MPD. (Manajer Proyek)

Yayasan TAHIJA beralamat di :
Graha Irama, 3rd Floor
Jln. H.R. Rasuna Said Kav 1-2 Jakarta Selatan 12950 Indonesia
Telp : +62 21 526 1415 Fax : +62 21 526 1416
email : Yayasan-Tahija@austindo.co.id

Project Dengue
Jln. Pandega Sakti No 159
Yogyakarta 55281 Indonesia
Telp/Fax : +62 274 883054
Email : Project-Dengue@cbn.net.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar